Saturday, January 21, 2012

Sebuah Insomnia untuk Rumah

Setelah gw berakhir di 1 minggu tidak produktif di awal tahun baru, menghabiskan waktu dengan insomnia-insomnia yang kangen memeluk gw karena sudah ditinggalkan dari 2007 lalu, minggu ini lebih memberi sedikit kesenangan dan keberadaban.

Seperti minggu lalu yang akhirnya membuat gw menghabiskan waktu saja buat menulis, membuang semua energi-energi berlebihan, well, kali ini insomnia jadi daya tarik gw untuk rajin nulis, bikin gw sempet ngayal-ngayal, bikin gw sempet mikirin hari gw saat itu. Akibatnya? Jadi rajin ngasah sensitivitas gw terhadap stimulus di sekitar gw.

Minggu ini adalah minggu persaudaraan kelihatannya. Cerita dimulai dari acara nginepnya Si Tengah ke kos gw weekend kemaren. Kita banyak ngobrolin (*dia tepatnya) soal kerjaan, bokap nyokap, Si Bungsu, rencana gaji pertamanya...

Tengah: Apakah gw lebih baik beli hp ya bulan ini? Yang murah-murah aja *sambil muter2 hp pinjeman dari Si Bungsu*

Gw: Lah! Ya iya! Lo gak kesian apa sama ade lo gak pake hp dah sebulanan?? Gw tanya dia waktu pulang, "Trus kamu gimana De, gak pegang hp sekarang? Kalo temen nyariin?". Dia jawab, "Ya kalo gak pake telepon rumah, ya mereka biasanya nyari-nyari aku aja di wargame ato tempat les. Nih,kemaren aja dijemput di rumah kalo mau pergi.".

Si Tengah: Eik?? *ketawa setan namun merasa bersalah*

Si Bungsu keliatannya terseret ke abad gw masih SMP. Korban tangan bejat kokonya.

Haha. Fyi, Si Tengah ini entah kenapa tangannya hobi bener rusakin hp. Rata-rata semua hp rusak di tangan dia, sampe akhirnya cuma tersisa hp Si Bungsu untuk direlakan pergi sama Si Tengah merantau ke Jakarta.

Yaa, buat Si Bungsu sih, lebih nangis darah kalo mobile internet-nya yang dibawa.

Cerita-cerita semaleman akhirnya berujung pada cita-cita Si Tengah untuk bisa bayarin kuliahnya Si Bungsu. Malam kemaren cukup mengubah persepsi gw akan Si Tengah. Dari yang sepertinya tidak memikirkan serius hidupnya di masa 2-3 tahun ke depan, menjadi... Man! Mungkin di saat Si Bungsu lulus kuliah nanti, Si Tengahlah yang akan bercucuran air mata karena dia berhasil bertanggung jawab sebagai kakak.

Tapi wahai Tengah sayangku,

Simpanlah cucuran air matamu dulu,

Setidaknya sampai kusampaikan diskusi dan bualanku hari ini bersama kesayangan kita,

Si Bungsu.

Bungsu: ci *BUZZ!*

Gw: oi

Bungsu: kalo pulang titip planner ya, kulit hitam

*ngomong panjang lebar soal planner*

Gw: De, katanya Si Beh (*bokap) mau meditasi ya 11 hari. Pergi sama siapa tuh? Kamu gak ikut?

Bungsu: Biarin laah, lagian aku juga sekolah. Yang penting bb (*blackberry) bisa aku sita. Hehe.

Gw: Expect less, ya.. Ntar dia pulang, kamu nangis di lantai gegara bb-nya direbut lagi.

Bungsu: Gapapah! Yang penting puas 11 hari pegang hp. Whatta hard days without hp di zaman sekarang begini... Ditanyain no hp, gak punya.. Apalagi di tempat les, terhina!! 1 kelompok pegang bb semua. Kamu pikir buat apa aku nitip beli planner??? buat nulisin nomor hp orang, jadi kalo butuh, tinggal ke wartel.

Gw: *ngakak guling-guling dan berdoa agar si generasi Z masih paham bagaimana menggunakan telepon*

Sebenernya sih kita gak setega itu sama dia, tapi dianya juga gak mau gw kasih pinjem Nokia 3230 gw, yang juga kondisinya sekarang mati microphone. Biarkan aku sekarat tanpa hp, Ci, daripada bawa hp yang makin bikin terhina. *kira-kira begitulah terjemahan dari mukanya dia*

Ngobrol sama dia serasa balik ke zaman konyol-konyol dulu. Curhat dia soal anak SMP zaman sekarang, mantan cewenya yang sekarang di SMP, dan gw cela-celain dia sebagai anak SMA kelas 10 yang pedofil. Lalu dia ngeles,

Bungsu: Ih, Si Beh aja bilang ni, cari pacar itu yang 4 tahun lebih muda, De..

Bungsu: Dulu aja aku waktu SMP gandeng tangan dia (*si mantan tadi) yang anak SD, malu banget... Lah ini sekarang, udah pake celana panjang abu-abu begini gandeng tangan anak SD???

Tiba-tiba gw membayangkan si abege sok cool kerempeng dengan tinggi 185cm ini gandeng tangan anak SD yang suaranya cempreng, yuuuuwwww!!!

Macam serigala nyulik anak babi.

Setelah bertahun-tahun jadi figur sulung yang (*ehem!) tukang ngatur dan ngasih contoh bersikap juga pola pikir, hari ini gw nyaman ngobrol sama dia seperti gw bicara dengan Si Tengah,- yang bedanya cuma 1,5 tahun sama gw.

Gak cape mesti menurunkan tema obrolan, karena otaknya akan terus merangsek melebar mengikuti lingkar otak gua.

Sayangnya sih gw sering gak punya waktu untuk ngobrol serius sama dia. Sejak umurnya 4 tahun, kehadiran gw itu kan nyaris di bawah 5% karena gw sekolah di Bogor. Jadi gw gak ngikutin tuh, langkahnya tuh bocah masuk sekolah TK, antar jemput dia pulang sekolah, coret-coret pertamanya, kecentilannya dia pegang-pegang tangan cewe pertamanya di sekolah yang langsung dikasih predikat pacar... ... WHO DID TEACH YOU!

Jadi biasanya akan ada kemunculan telepon gw 1x dalam setahun bentak-bentak dia,

sambil nangis-nangis saking keselnya.

Biasanya sih urusannya gak jauh-jauh dari kelakuannya di sekolah yang bikin nyokap uring-uringan.

Ya. Keyword-nya adalah 'nyokap uring-uringan'.

Selebihnya gw paham dengan kebiasaannya tidur dan pulang malem, maen kebut-kebutan motor, nilai sekolah pas-pasan, gaul sama anak-anak badung se-Sukabumi. Well, at his age, who doesn't?

Yaa, lagi-lagi karena keyword-nya lagi kehapus.

Sesederhana karena dia nurut aja disuruh masakin nyokap aja di waktu nyokap lagi sakit atau gak pengen masak.

Sesederhana denger nyokap bilang dia panik berat rebus air panas waktu perut nyokap mendadak melilit parah.

Iya. Dia selalu ditakdirkan untuk ada di saat nyokap butuh.

See, gampang kan hidup sama gw.

So, the main topic today is about his future, and passions.

Gw: Udah mantap kamu ambil culinary as major?

Bungsu: lagi mikir-mikir, pilihannya antara desain dan kuliner.

Kuliner. He's best in practical.

Gw tau dia dan kehebohannya di dapur.

Dapur itu ibarat rumah buat dia.

Tempat dia akan selalu kembali.

Karena perutnya selalu lapar.

Lapar untuk terus memasukkan bahan yang baru ke perutnya, dan menyimpan rasanya di kepala.

Akhirnya gw gak bicara banyak tentang seni kuliner. Selain gak mau dibilang kepinteran dan sok tua, memang karena gw gak paham dunia perdapuran. Sih.

Jadi gw memilih membual tentang dunia desain.

His another passion.

Macam pintar aja gitu, paham gaya para sulung kan ya? Mulut marketingnya selalu juara buat semua adik-adiknya.

Gw jelasin tuh, satu-satu, Desain Interior, Desain Grafis, Desain Komunikasi Visual (DKV).

Nah kalo desain lainnya, gw cuma ngerti selewat dari temen/sepupu yang kerja di bidangnya. Tentang kerjaan mereka, bagaimana jasa mereka dihitung.

Kalo DKV, kebetulan aja sih, gw dulu pernah anter-anter Si Tengah buat placement test di beberapa kampus, dan pernah dia ambil alternatif DKV, jadi ya gw cukup ngerti sih soal bidang ini. Ya ngertilah gw, pinter, modal baca deskripsi bidang studi doang!

Karena minat gw di bidang periklanan yang akhirnya gw lepas setelah gw putuskan untuk memakai jaket klinis anak di akhir sisa kuliah S1 gw, mungkin setiap topik tentang iklan jadi selalu menarik buat gw analisa.

Selalu over-interested.

Dan terpukau ketika kata kunci 'komunikasi visual' dan 'advertising agent' dikumandangkan.

Kayak sistem classical conditioning, tiap dikasih clue berupa ‘advertising’, ikut ngoceh gak mau berenti.

Kemudian kata kunci itu ditanamkanlah secara sadar di kepala Si Bungsu.

Take a sit, young man.

Ikut terpukaulah dia.

Saat gw ceritakan tentang si campaign peti mati dan kehebohannya.

Motif dan pesan di balik pengiriman peti mati.

Semua keindahan dan kebobrokan advertising.

Persaingan yang ketat dengan semua orang brilian di sekitar.

“Tidak lupa juga mengingatkan dia tentang MODAL tugas-tugasnya yang gak sedikit, tentunya,” ujarku sambil memeluk erat celengan ayam.

Bukan untuk menyeka cucuran air mata Si Tengah yang mau banting tulang demi uang kuliah Si Bungsu,

Atau sebagai selotip yang akan gw pasang di mulut Si Tengah kalau dia murka dan akhirnya malah jadi Batu Berbulu karena terkutuk mengutuk gw Si Sulung Buunngggcchhuuuudddttthhh[1].

Gw hanya ingin memberitakan sebuah warta kepada Si Bungsu,

bahwa keterbatasan itu bukan syarat untuk mundur dan melepas mimpi yang udah kita bangun tanpa modal materi apapun.

Itu juga warta yang akan gw catat di jidat gw,

Untuk berani mencoba dan keluar jalur.

Untuk semakin mengurangi keluhan dan bersyukur.

Untuk berkomitmen dan mengunyah konsekuensi dari pilihan yang gw buat.

Untuk gak berhenti mimpi, sekonyol apapun mimpi itu di saat pagi muncul.

Puas akhirnya gw bisa menyelipkan nilai-nilai itu di antara keparnoan khusus yang sering dikipasin nyokap.

Karena ketika gw baca chat conversation tadi, rasanya familiar seperti obrolan gw dengan Si Kapten Tua.

Proudly said, ternyata kali ini gw kaptennya.





"If you can't be the first, be the best.

If you can't be the best, be better.

If you can't be better, be different." -Anonymous



[1] Baca: bangsat

No comments:

Post a Comment