Saturday, January 7, 2012

Emotikon, Simbol yang Berbahasa.

(*lebih cocok dibaca menggunakan media autotext-friendly smartphone )

Emotikon.
Adalah kumpulan simbol yang membuat suatu aturan tertentu, sebagai bentuk yang digunakan untuk menyederhanakan (jumlah karakter) bahasa tulisan. (Codet,2012)

Dimulai dari penggabungan 2 karakter, ':)' dan ':(' mungkin merupakan simbol tertua dalam sejarah yang digunakan dalam bahasa emotikon, sebagai penggambaran emosi senang dan sedih.
Dari penggunaan 2 karakter ':)', guna menyingkat kata s-e-n-a-n-g (6 huruf),
atau 3 karakter ':((' untuk s-e-d-i-h-m-e-r-a-u-n-g-r-a-u-n-g (17 huruf),







Sampai masa membawa kita pada zaman baru,
Di mana 1 emotikon yang menggambarkan kata 2-karakter 'BT!', bisa menghabiskan 21 karakter?

(̾˘̶̀̾ ̯˘̶́̾ ̾̾'̾̾)̾






HE! Apah urgensinyah?? Щ(ºДºщ)




Gw mengagumi rangkaian simbol yang membentuk emotikon.
Bukan pengagum musiman karena emotikon autotext sekarang kayak anggota yang tidak ada seri nomor urut.
Saking banyaknya.
Tapi lebih pada proses imajinasi di benak tiap kreator emotikon ketika pembuatannya.
Gw sungguh mengagumi orang-orang yang asyik menghabiskan waktunya untuk membuat sebuah emotikon.
Pake apa dia bikinnya?
Apa iya pake mesin di komputer baru dipindahin ke hp?
Eh tapi hp dulu kan kaga ngerti bluetooth/infrared?


1999.
Sejak pertama dikasih hand phone Siemens C25 tahun '99 awal SMA, .. *eh itu era sms belom dimulai*
*ulang*
Sejak kurang lebih 6 bulan dikasih hand phone Siemens, dan (*yeah!) menggunakan fasilitas SMS yang dulu mesti kirim berulang-ulang baru kekirim, gw penasaran sekali melihat gambar ':)' yang selalu digunakan di akhir kata oleh sepupu gw (yang usianya di atas gw kira-kira 6 tahunan. *Iye, yang suka racunin gw sama Andy Lau dan New Kids on the Block!!).

Apa inih?

Hoo, salah pencet kalih. Masih katrok mungkin. Typo masih dianggap wajar pada zaman itu. (*jleb #nommmmmmmentttion* «*typo boi,typo*)

He. Kok typo mesti berulang-ulang di tiap sms. Hom.
Tak sengajalah gw taruh hp dalam keadaan horizontal.
Eh! Kok lucu ini!
Kayak senyum ya si barang typo nih.
Hoo,,
Yang terbalik ini maksutnya itu kebalikannya ya??
WOW!


Semenjak hari itu, gw jadi kegenggesan sama emotikon. Semua tanda titik dua gw jadiin eksperimen dengan simbol-simbol lain, juga dengan huruf-huruf.

2000-2002.
Semakin banyak orang menjajal hp-hp baru. Saat itu, dari semua inbox, minimal lu akan menyimpan 1 sms, yang isinya kumpulan simbol yang membentuk emotikon besar 1 layar. Atau malah gambar bergerak.
Dari sms lucu,
Binatang,
Kado ulang tahun,
Cemara Natal,
Ketupat Lebaran,
Kembang api Tahun baru,
Babi Imlek,
Sampe gambar pantat orang telanjang goyang-goyang.

Dan pada sent item(s) lo akan ditemukan 1 saja minimal reply bertuliskan,
"Itu gambar apaan sih? Kenapa bentuknya ****/#### doang ya di layar hp gw?"


Apalagi setelah dibabtis oleh aliran mIRC (*hee,mana suaranya anak #bawel????asl pls!!! Op aku dong:P),
YM (yang bikin gw senang dengan emotikon bergeraknya), dan terpuaskan di MSN chatroom dengan fenomena mengoleksi ikon kepala bawang/monyet unyu,
Dengan kerlingan mata macem meong selalu bikin hati kita 'nyes' walopun beberapa detik sebelomnya lu lagi heboh mengumpat kelakuan chatter seberang sana.
*keplak anak bawang*


Tapi toh munculnya emotikon digital tidak membuat gw beralih dan berhenti berimajinasi melihat kumpulan simbol-simbol baru yang disodorkan oleh para kreator emotikon manual.


Waktu itu,rasanya sedih kalo ngeliat gambar amplop di sisi kiri hp (Baca: full messages), itu berarti gw harus menghabiskan waktu, untuk duduk dan memilih sms baik di antara yang terbaik, untuk dibuang.
Dari keterbatasan-keterbatasan hp pertama gw, akhirnya gw berhasil merayu bokap untuk ganti ke Nokia 8250 di ulang tahun 17 gw. Si layar biru pertama itu loh.
Alesannya, eimm, karena hp gw gak punya alarm. Kalian pasti paham sekali kan perilaku tidur di masa nomaden gw tanpa membawa Mama Sang Alarm Alami, ataupun keberadaan ayam mencongor di pagi hari buta, di kota. Ngek.
(Spoiler: Padahal sih jam bangun gw dulu juga ditandai pompa air tante kos yang menyala heboh tiap jam 5 pagi.)

Dari kemudahan penggunaan hp baru, gw mulai ikut-ikutan bikin emotikon yang makin kompleks (sama si bokap juga tuh!). Gambar si babi lah, bunga, kupu-kupu,
Sampai ada temen yang suka minta dibikinin sms-sms lucu/manis pake emotikon segala, buat dikirim-kirimin ke pacarnya.

Berhubung 2002 itu gw menginjak tahap 'Love is in the air', makin jago lah gw ngarang ndiri bikin sms-sms indah di zamannya, dengan emotikon-emotikon manis.

Tau '<3' dong?
Kapan pertama lu mengenal frase 'less than three'?
Hati-hati.
Karena (bukan tak) mungkin 2 karakter yang selalu lu tunggu-tunggu kombinasinya ini,
Adalah hasil masterpiece pertapaan temen lo -iyeh,gw!^^v- di masa labilnya sebagai kode 'cinta'.
(ง˘▽˘*)ง



Jiah. Maklum, backstreet!
Karena kode bagi senyawa-senyawa aliran backstreet adalah upaya bertahan dari kenyinyiran dan kesewenang-wenangan kata.
Ngok!




Beberapa temen gw bertanya,
Kenapa ide-ide itu akhirnya ga gw klaim ajah?


Gw percaya, di dunia yang luasnya macam gini, pasti ada sebuah ide sama yang bersinkronisasi antara kepala lo dan kepala orang lain,
dan ada momen, di mana seorang dari kalian jauh lebih beruntung karena punya kemampuan lebih untuk menyampaikannya kepada masyarakat universal.

Sisi lain, yaelah, karakter doang lo rebutin, matahari di-klaim taon lalu noh baru panik!


Secara personal, gw seneng ajah sih,
(Katakanlah ngaku-ngaku tengil)
Ikut merasakan apa yang dirasakan kreator sms lucu zaman dulu melihat kumpulan karakternya disebarluaskan, bahkan disimpen lama di dalam inbox,
Pernah ikut mencicipi kehidupan kalian yang labil dan penuh energi.


Sampai akhirnya sms bergambar otomatis hilang,
Setahap makin bertambah dewasanya seseorang,
Makin tingginya prioritas praktikal terhadap urgensi sms,
Dan menurunnya sensitivitas kita terhadap hal-hal yang merangsang sisi emosional kita pada simbol titik dua dan teman seperjuangannya.

Dia lenyap.
Justru di saat limit kotak masuk dihitung pada besaran byte,
Bukan lagi berdasarkan jumlah amplop surat masuk dan keluar secara rasio.















Loh.
Ya iyalah.
Saat ini zamanku melegenda!

/( - ,- ҂)/ /(_'_ ҂)\ \( - ,- ҂)\
















ƪ(‾̴̴͡͡•‾̴̴͡͡҂)┐ gak gak ┌(‾̴̴͡͡•‾̴̴͡͡҂)ʃ gak kuat
ƪ(‾̴̴͡͡•‾̴̴͡͡҂)┐ gak gak ┌(‾̴̴͡͡•‾̴̴͡͡҂)ʃ gak kuat
ƪ(Ơ̴͡Ơ̴͡҂)ʃ aku gak kuat
(┌‾̴̴͡͡^‾̴̴͡͡҂)┌ sama pleiboi ┐(‾̴̴͡͡^‾̴̴͡͡┐҂) pleiboii.



*Untuk para kreator emotikon di mana pun kalian berada

Codet mesra, <(‾▿‾҂)۳
adnanauS
7/1/12

No comments:

Post a Comment