Monday, November 18, 2013

Diare dan Sekumpulan Pertanyaannya

Sakit gw umumnya sepele,
dari maag, batuk pilek kayak anak SD, kaligata kalo alergi panas/dingin muncul, sampe diare.
Diare tuh itungannya udah penyakit mahadewa buat gw,
lemes, keringet dingin, makan kayak bayi, ketawa aja mesti ditahan erat-erat.
Semua orang gak pernah menganggap gw dan diare itu serius, pasti diketawain kalo gw kena diare.
Pasti.
Kayanya muka gak pantes gitu mengalami hal sekampung diare.

Mbak, aku gak masuk ya hari ini.
Kenapa?
Diare, Mbak..
Ya ampun (HAHAHAHHAHAAHAHA), minum obat cap kupu-kupu itu dong!
Obat apa, Mbak, cap kupu-kupu?
Iya obat Cina itu loh, masa kamu gak tau sih, cap kupu-kupu.
(Kecinaan tertantang) Oiya iya, ntar deh kalo obat diareku gak mempan.

Gak tahan bolak balik toilet kayak ronda malam, akhirnya Senin sore gw ke dokter sebrang juga.
Gw telepon dulu la.
Rumah Sakit Bersalin AM, ada yang bisa saya bantu?
Iya, Mas, dokter umumnya praktek jam berapa?
Sekarang juga ada sampe tengah malem, keluhannya apa?
(Ebuset dokter udah nenek-nenek masih praktek jam malem) Diare.
O diare ya, oke ke sini sekarang bisa kok.
K E P O.

Sodorin kartu.
Mas, dokter umum.
Dokter kandungan, Bu?
Dokter UMUM.

Ya walopun gw berasa makan susah masuk, nyium makanan bau dikit nolak, gw ngerti kok bedanya diare sama hamil.
Ya at least, tuhan mikir juga kali mau naro juru selamat di janin gw. Hapushapushapus.

Silakan masuk.
(E kok dokternya muda sekarang, operasi plastik?)
Ada keluhan apa?
Diare, Dok, lemes dari Sabtu pagi, diarenya sih mulai malemnya.
Udah minum obat apa?
Diat*p udah dua strip, cuma gak efek. Makan susah masuk, bisa setengah jam sendiri.
Loh kenapaa..
(Yakali kenapa) Gatau, nyium makanan kayak bau. (lah, malah menunjukkan gejala hamil)
*senyum senyum*
Minum gimana?
Minum pocari aja paling Dok karena gak bisa minum banyak-banyak juga, itu juga 1 kaleng setengah jam.
Ada mual, muntah?
Mual Dok, muntah sampe hari ini sih belom.
Kita cek tekanan darah dulu ya.
Taraaa, 100/60.
Rendah ya Dok?
Iya, cuma wajar sih karena kamu diare.
Sehari buang air besar berapa kali? Lebih dari 10?
Ya ada kali sepuluh, Dok.
Buang air besarnya gimana, cairan atau masih ada ampas?
Maksudnya?
Iya, cairan aja atau masih ada ampas?
(gimana kalo dokter cek aja, ada ampas gimana sih namapun diare)
Gak Dok, cairan aja.
Trus buang air kecil seperti biasa gak? Apa jarang?
Ya.. Karena bolak balik toilet, ya buang air kecilnya sekalian buang air besar, Dok.
*ketawa awkward bersama-sama*
(o ngerti gw sekarang maksud tadi cairan atau ada ampas)
Kamu saya kasih antibiotik, obat diarenya, sama oralit ya. Oralitnya diminum tiap BAB.
Iya, Dok.

Berhubung oralit gak ada di apotiknya, jadilah gw ke warung sebelah.
Oralit, Mbak.
Berapa?
Sepuluh deh.

Pulang dari sana, setelah BAB gw minum itu oralit.
Gunyeeeeehh, kok gak enak kayak duluuu? Kayak pipiskebo.
Yaudalah semua orang bilang gw kayak tau pipis kebo kayak apa.
Laiya, rasanya mesti seburuk itu (atau lebih), tapi kan lo jadi tau macem apa rasa itu oralit.
Kayak langsung kapok gak mau diare lagi.
Sungguh.

Terburuk dari kejadian diare, memang sebaiknya lo memilih chatting bersama orang-yang-kaukasihi-lebih-dari-apapun-juga, yang bisa menentramkan hati, pikiran, perut, serta pantat.
Jangan ikutin pilihan gw yang salah.
Dari sekian banyak orang, mesti orang ini lagi yang menemani suka dan duka.
Onye.
Saikok.
Makin jadi saikoknya.
Onye saikok, tersangka modus pembunuhan berencana selama gw diare.

Nyet, jangan ngamuk ngamuk mulu, ntar keluar lagi itu dari pantek.

Pantek lo lo naikin aja, biar gak keluar eeknya. Hahahahahahahahahahah.

Pake perlak nye tidur, ntar malem kentut tak sadar keluar eek.

Enough with this pantek thingyyyyyyyy.

Btw, semoga list pertanyaan dokter tadi membantu ya seandainya ada di antara kalian atau kerabat yang mengalami diare. Atau googling saja, ceklist gejala dan frekuensi yang perlu dicatat sebelum ke dokter, termasuk jenis diarenya, cairan saja atau masih berampas.

Saran kedua, gak usahlah centil gebet-gebet dokter, sekece apapun mereka, karena kalian terlihat jauh dari kece kalo lagi diare.
Lagipula, tingkat keberhasilan pick up line apapun akan rendah,
ya kali bilang,
"Dok, mau maen ke rumah gak, mau pamer, ini BAB saya udah ber-ampas loh"

adnanauS
181113

2 comments: