Monday, March 5, 2012

Hari Ini, Status Gw Ilegal.

Tidak biasanya gw naik kereta di hari Senin di jam 2 siang. Umumnya lebih pagi. 10 meter menuju stasiun, bunyi petunjuk kedatangan kereta menggemparkan telinga gw. Dikarenakan buta jadwal, akhirnya gw bertekad ngasal naik kereta apapun, asal nyampe sebelom jam setengah 3, karena gw belom makan siang, dan jadwal pegang anak hari ini jam 3.


Kali ini nekad gw berlebihan. Bukan hanya naik kereta lokal dari tengah jalur kereta (bukan dari peron, sehingga gw mesti mengangkangkan kaki macam manjat tebing), gw juga mengikuti ucapan nyokap yang tiba-tiba menghinggapi kepala gw.

[Gw: Aku plg pegi bintaro naik kereta, cuman 1500, 1 stasiun udah turun| Mam: He? 1500?? Mahal amat 1 stasiun..Gak beli juga gak ketauan!] - @awkwardion, Feb,25,2012-

Nyengir-nyengir kesetanan lah gw. 1 bulan naik kereta, gw dah observasi, kereta mana-mana aja yang rajin cek tiket penumpang. Menurut statistik bulan kemarin, si kereta lokal yang lebih banyak bermuatan tukang dagang hilir mudik ini jarang dilewati petugas tiket. Jangankan petugas, penumpang aja ogah masuk ke gerbongnya kalo berdiri!

Di antara niat-niat nekad itu, kata-kata nyokap berhasil meredam keparnoan; apabila petugas kereta ngecek tiket kereta. Bayar aja di kereta, paling 2x lipet. Ya karena kereta gw cuma berharga 1500 perak, gw rela aja keluar 3000 perak karena ketergesaan gw hari ini.

10 menit bertahan. Aku penumpang ilegal terkeren. Tak lupa memakai masker untuk menghindari interaksi dengan orang sekitar. Sampai dicoleknya si penumpang keren ilegal ini oleh si bapak ganteng berseragam, -detik pertama- mengingatkan gw sama si bapak sutradara favorit gw dan Jc.
Detik kedua, anyyiiiing! Tiket! Tiket! Duit mana duit!

*dengan muka termanis*
"Tadi keburu-buru Pak, gak sempet beli tiket. Berapa?"
"*senyum* Sampe mana?"
"Pondok Ranji aja *jadi senyum juga, kan*"
"2000 ajah.. *eh senyum lagi, lama sekaliii*"

Wow. Tiket biasa 1500. Tiket di atas kereta 2000. Tak masalah. Dapet bonus 2 senyum si bapak ganteng pula.

Bersiap turun 5 menit kemudian, rasanya 15 menit di kereta lokal itu lama sekali, karena gw terbiasa 10 menit dengan KRL ekonomi.
Lama.
Lama.
Oi. Lama.
Heh. Lama banget ini.
Wah. Seharusnya gak selama ini, kalo gw dah liat si palang Bintaro Sektor 3.


[14.35]
MANA PONDOK RANJI-NYAH??


Satu stasiun terlewati tanpa berhenti.
Ngeekk.
Jangan bawa aku ke Rangkas!
Jangan!
Turunkan gw di manapun, asal jangan Rangkas!


Mendadak kereta pun berhenti dengan patuh.
Su-di-ma-ra.





Sudimara?
Ini stasiun yang sering dikumandangkan di Pondok Ranji, sebagai penanda bahwa kereta arah pulang akan segera datang.
20 menit lagi.


Senyum si bapak ganteng berseragam itupun makin berarti.
Makin mengartikan ketololan nekad gw hari ini.
Senyumnya membuat gw kapok.

Pasrah saja akhirnya,
Pulang kembali ke Kebayoran karena gak bisa ngejar jam kerja.

Saat menunggu kereta pulang, Ibu bawel sebelah bilang, "Kesian banget itu anak muda 4 orang dari Jawa, naik dari Kota nyasar ke sini bawa barang gede-gede, katanya mau ke Pondok Ranji.. Tadi saya suruh tunggu KRL ekonomi daripada bejubel di kereta lokal, eh malah mereka naik Commuter Line. Jangan sampe ketemu petugas tiket deh, kesian kalo abis 24 ribu buat bayar denda,baru pulang dari Jawa, biasanya kan kalo pulang kampung, duitnya pasti udah abis di jalan...."


Hari gw kadang gak semudah orang lain.
Tapi hari ini, ada orang yang berpengalaman sama, namun tidak seberuntung gw.
Setidaknya, gw masih bisa ngetawain kebodohan hari ini.



Ada lagi yang perjalanannya lebih menantang hari ini?




adnanauS
050312

No comments:

Post a Comment